Robot Tangan Empat Da Vinci Xi Lakukan Operasi Pertama di Inggris

Seorang pasien telah menjadi orang pertama di Inggris yang menjalani operasi kanker besar oleh sebuah robot.

TEMPO.CO, London - Seorang pasien telah menjadi orang pertama di Inggris yang menjalani operasi kanker besar oleh sebuah robot.

Dean Walter, 41, melakukan ekstraksi pelvis lengkap di mana kandung kemih, prostat, rektum, dan kolon bawahnya diangkat melalui luka di perutnya yang hanya selebar 2 inci, sebagaimana dilaporkan Daily Mail, 16 Oktober 2018.

Operasi biasanya membutuhkan seorang ahli bedah dan tiga asisten untuk membelah pasien yang terbuka dari dada ke pangkal paha.

Walter, mantan model kebugaran, seharusnya membutuhkan tiga minggu di rumah sakit untuk pemulihan dari operasi tradisional, namun dia siap untuk pulang ke rumah delapan hari setelah prosedur robot untuk kanker dubur.

Operasi itu dilakukan menggunakan robot Da Vinci Xi senilai 2 juta pound (Rp 40 miliar), yang memiliki empat lengan untuk memotong jaringan, menutup pembuluh darah dan mengambil gambar di dalam tubuh dengan kamera 3D. Dua ahli bedah mengendalikan robot dari konsol selama prosedur delapan jam.

Walter, ayah satu anak asal Epsom, Surrey, didiagnosis mengalami kanker dubur tahun lalu. Meskipun menjalani radioterapi dan kemoterapi, kanker menyebar ke kelenjar getah bening di pelvisnya, sehingga memaksa ahli bedah untuk mengangkat semua organ di bagian bawah perutnya untuk menghilangkan penyakit itu.

Spesialis kolorektal Shahnawaz Rasheed, yang memimpin operasi di Royal Marsden Hospital di London, mengatakan, “Saya telah melakukan operasi ini ratusan kali dan robot ini akan membuatnya lebih mudah dan lebih baik bagi pasien.”

"Walter lebih cepat pulih dibandingkan dengan orang-orang yang menjalani operasi terbuka karena dia tidak mengalami trauma lubang besar di perutnya dan organ-organnya didorong dan ditarik. Menggunakan robot jauh lebih ringan bagi tubuh."

Rasheed mengendalikan robot untuk mengangkat rektum dan bagian dari usus besar, sementara ahli urologi Pardeep Kumar mengekstraksi prostat dan kandung kemih.

Menurut situs Intuitive Surgical, pembuat robot itu, da Vinci Xi dioptimalkan untuk operasi kuadran empat yang kompleks, menampilkan akses anatomi revolusioner, visi 3DHD yang jernih, dan platform yang dirancang untuk mengintegrasikan inovasi masa depan dengan mulus.

Sumber: https://tekno.tempo.co